Kwaran Kendawangan Terbentuk


Selasa, 03 Februari 2009 , catatan dari www.pontianakpost.com

KENDAWANGAN-Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Kendawangan akhirnya terbentuk pada Senin (2/2), bertempat di ruang rapat Kantor Kecamatan Kendawangan. M Hajirun dipercaya sebagai Ketua Kwaran Kendawangan untuk periode 2009—2012.Pembentukan tersebut dihadiri jajaran muspika Kendawangan serta instansi di kecamatan tersebut, termasuk pula Unit Pengelola Pendidikan Kecamatan (UPPK) Kendawangan. Pembentukan susunan kepengurusan Kwaran Kendawangan tersusun dalam sebuah rapat yang dihadiri Camat Kendawangan Herwansyah.

Rapat tersebut menghasilkan figur-figur yang kemudian dipercaya tergabung dalam kepengurusan untuk periode 2009—2012. Selain Hajirun yang terpilih sebagai ketua, mereka juga menunjuk Organesasi menjadi sekretaris. Sementara posisi bendahara dipercayakan kepada Ratna Bariah. Mereka juga menyusun struktur penunjang lain dalam kepengurusan itu.Struktur tersebut yakni andalan ranting urusan pembina siaga putra serta putri, hingga andalan ranting urusan pembinaan penegak dan pendega putra serta putri. Rapat ini sendiri merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Kursus Orientasi Singkat (KOS) Kwartir Cabang (Kwarcab) Ketapang pada 24 Januari lalu, yang digelar di Pendopo Kediaman Bupati Ketapang.

Kegiatan itu juga dihadiri langsung Andalan Nasional Suryadi yang merupakan Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Kalbar. Para camat yang hadir pada saat itu sebagai utusan majelis bimbingan ranting (mabiran), kemudian menindaklanjuti dengan membentuk kwaran di masing-masing kecamatan.Tentu tak terkecuali Camat Kendawangan yang turut hadir dalam kegiatan itu. Herwansyah berharap setelah terbentuknya kwaran tersebut, segera para pengurus dihadapkan pada tugas penyegaran kepengurusan majelis bimbingan gugus depan (mabigus), pada masing-masing gugus depan (gudep).Para pengurus juga diharapkan dia mampu meningkatkan berbagai kegiatan menyangkut kepramukaan di Kecamatan Kendawangan, terutama di sekolah.

Camat Kendawangan juga mengimbau agar kepengurusan kwaran yang telah terbentuk segera menyusun program kerja, untuk kemudian disampaikan ke mabiran. Bahkan Herwansyah mengingatkan, jika dalam pelaksanaannya terjadi hambatan baik secara materi maupun non materi, secepatnya berkoordinasi dengan Mabiran Kecamatan Kendawangan. Herwansyah berjanji akan mendukung sepenuhnya semua kegiatan kepramukaan di Kendawangan. “Hasil rapat ini akan disampaikan ke Bupati Ketapang selaku Mabicab Kwarcab Kabupaten Ketapang,” tuntasnya. (ote) —disadur dari http://www.pontianakpost.com—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: