Perkemahan Kembar Tunas Bakal Dihidupkan Kembali


Jum’at, 20 Februari 2009 , catatan dari www.pontianakpost.com

NANGA TAYAP-Setelah cukup lama kegiatan Pramuka di Nanga Tayap kosong dari kegiatan, maka perkemahan di lapangan Sepakbola Nanga Tayap pada 17-18 Februari 2009 disambut antusias. Sedikitnya 700 anggota Pramuka Nanga Tayap meramaikan kegiatan ini, apalagi dalam kesempatan itu Mabiran Nanga Tayap juga melantik pengurus Kwaran Nanga Tayap. Terbentuknya perangkat Pramuka di Nanga Tayap, maka tak hanya siap menjadi tuan rumah perkemahan se-Ketapang, tetapi mereka juga akan “menghidupkan” kembali perkemahan Kembar Tunas.

“Perkemahan Kembar Tunas ini pernah ada, mewakili Gerakan Pramuka Tumbang Titi, Nanga Tayap dan Sandai, dengan dibentuknya Kwaran Gerakan Pramuka Nanga Tayap yang dilantik oleh Mabiran Nanga Tayap kita harap kedepan perkemahan Kembar Tunas ini bisa diaktifkan kembali,” kata Bayaturidwan S.Sos, sekretaris Kwaran Gerakan Pramuka Nanga Tayap, kemarin. Dia menuturkan prestasi gerakan Pramuka Nanga Tayap beberapa tahun lalu cukup banyak. Bahkan, sekretariat Gerakan Pramuka Kecamatan juga ada di daerah ini. Karena cukup lama vakum tanpa ada pergantian kepengurusan, akhirnya prestasi itu luntur.
Dilantikannya kepengurusan Kwaran Gerakan Pramuka Nanga Tayap oleh Uti Aliansyah S.Sos, selaku Mabiran Nanga Tayap diharapkan akan menjadi stimulus gerakan Pramuka di Nanga Tayap.

Tahap awal mereka akan melakukan konsolidasi di internal. Salah satu sasaran yang akan dicapai adalah mengembalikan Perkemahan Kembar Tunas. Perkemahan ini mewakili Kecamatan Tumbang Titi, Nanga Tayap, dan Sandai, ketika itu. Karena itu mereka akan memfasilitasi gugus depan yang ada di sekolah-sekolah. Ia mengatakan Kwaran Gerakan Pramuka Nanga Tayap siap menjadi tuan rumah perkemahan se-Ketapang. Mereka ada juga rencana menjadi tuan rumah kursus pembina Pramuka Mahir Dasar. ”Tujuan Kursus Pembina Mahir Dasar ini untuk menyiapkan Pelatih Pramuka Pemula” ujarnya.Sementara itu, Ramuddin S.Pd, Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Nanga Tayap mengatakan perkemahan itu direspon antusias oleh masyarakat Nanga Tayap. “Selain perkemahan, Mabiran juga melantik pengurus Kwaran Nanga Tayap,” katanya.

Ia membenarkan kepengurusan Pramuka di Nanga Tayap terakhir ada pada 1996. Dengan terbentuknya kepengurusan baru ini, masyarakat menyambut antusias. Bahkan, keinginan masyarakat agar kegiatan ini sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda.Secara terpisah, Camat Nanga Tayap selaku Mabiran Gerakan Pramuka sangat terkesan dengan antusiasnya pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka. Menurut Uti Aliansah, melalui Gerakan Pramuka diharapkan pembinaan terus berkelanjutan. “Secara bertahap, kita benahi pembinaan generasi muda, termasuk kita benahi sekretariat yang pernah ada,” katanya. (ndi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: