PEMILIHAN UJANG AYU KETAPANG


utin shelis machdalenaKita Semua tahu apa itu sebuah pemilihan duta daerah semisal pemilihan abang none kalau di Jakarta dan lain-lain, nah kalau di Ketapang pemilihan itu bernama Pemilihan Ujang Ayu Ketapang,  Ajang pencarian duta daerah tersebut telah berlangsung pada tanggal 8-9 Mei 2009 dan telah menghasilkan juara yang berhak menyandang gelar Ujang yaitu Muhammad Ihya sedangkan Ayu terpilih Utin Shelis Machdalena yang juga sebagai Anggota DKC . Kali ini Dewan Kerja Cabang Ketapang mendapat penghargaan menerbitkan tulisan yang dibuat Ayu Ketapang tersebut tentang catatan nya mengikuti ajang pemilihan duta daerah paling bergengsi di Ketapang.

Catatan dari Ayu Ketapang

Sebelum dibukanya pendaaftaran Ujang Ayu, Saya berniat berangkat ke Pontianak untuk lanjut kerja disebuah Multilevel, tapi berhubung gak da say job disana karna dipastikan terikat pada sebuah Multilevel tersebut, Saya memutuskan tetap diketapang.

Beberapa hari kemudian dibuka pendaftaran Ujang Ayu, Saya berniat ikut ajang tersebut, Tapi oleh karena sikon yang tidak memungkinkan Saya coba meminta pendapat orang terdekat ternyata semuanya nihil, Saya belum mendapat dukungan Yang sepenuhnya dari mereka.

Saya putuskan ambil tindakan sendiri dan melakukan semua sendiri, Dengan ikut dalam Sanggar Vera,dengan Anggota 3 orang. Sembari berjalan Saya dapat job Wedding Singing karena selama setahun setelah selesai lulus SMA, Saya isi dengan berbagai kegitaan, Hasil itu lah yang Saya gunakan untuk modal awal. Hari H smakin dekat, bukannya berjalan lancar tapi dipersulit dalam masalah kostum, sampai pada malam gladi resik Saya masih belum dapat tersenyum karena hal tersebut.

Alhamdulillah esoknya masalah tersebut dapat teratasi, Dengan persiapan Fisik dan Mental Saya dapat lebih tenang menghadapi malam pemilihan Ujang Ayu ketapang. Saat parade awal dimulai rasa gugup hilang seketika setelah melihat begitu antusiasnya para penonoton yang mendukung semua peserta dalam Ajang ini. Sesi perkenalan sudah dilewati Kami menunggu pengumuman 10 besar, Tak terfikir dibenak untuk masuk 10 besar yang ada hanya senyuman yang mungkin dapat menerangkan fikiran, Karena persaingan yang ketat dengan para peserta yang mungkin memiliki 3B (Behavior, Brand, beauty ).

Setelah sesi Parade awal ternyata no.Undian Saya disebutkan pada urutan ke-5 dalam 10 besar. Suatu kebanggaan tersendiri bagi Saya setelah masuk 10 besar, Saatnya pertanyaan-pertanyaan diacak untuk 20 finalis. Dan pada saat itu Saya mendapat soal yang menanyakan tentang pendapat Saya mengenai Wanita yang terlibat dalam legislatif, dan pada saat itu Saya jawab tentang hal tersebut yaitu “ Sangat diperlukan, karena Wanita sangat peka terhadap kondisi Masyarakat”. Karena hal ini pernah dijelaskan oleh tante Ony sebagai seseorang yang sangat Saya kagumi.

Tanpa terfikir bahwa hasil Saya selama ini tidak sia-sia dan Saya juga tidak pernah menyangka ternyata tanggal 9 mei 2009 tepatnya pukul 01.18 Saya terpilih menjadi Ayu ketapang 2009. Kata syukur Alhamdulillah dan terima kasih yang hanya bisa Saya ucapkan kepada Allah SWT,serta  kedua Orang tua Saya dan teman-teman bahkan semua para hadirin yang hadir pada malam itu karena tanpa mereka Saya bukan siapa-siapa.

Semoga dengan terpilihnya Saya sebagai Ayu ketapang 2009, Saya bisa ikut berpartisipasi dengan seluruh instansi Lembaga-lembaga dalam berperan aktif para Ujang dan Ayu khususnya Kab. Ketapang untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang Adat Istiadat Kebudayaan Melayu Kabupaten Ketapang. Saya yakin Remaja-remaja Kab.Ketapang sangat berbakat dan berminat dalam mengembangkan pariwisata,seni dan budaya Kota Ketapang, Jika seluruh Dinas mendukung untuk sering mengadakan kegiatan-kegiatan even-even yang berhubungan dengan pariwisata seni dan budaya.

Hal tersebut tidak lain dalam rangka memajukan pariwisata serta mengenalkan budaya Khususnya Ketapang agar sektor tersebut dapat berperan dalam mendukung Pendapatan daerah, serta membangun industri yang saling berkaitan dengan Pariwisata tersebut.

Nama                       : utin shelis machdalena

Nama panggilan        : shelis

Ttl                           : Ketapang,05 september 1990

Alamat                    :  Jl. Pangeran Kesuma Jaya No. 125 Kel.Mulia Kerta Ketapang

Agama                     : Islam

Zodiac                     : Virgo

Gol. Darah               : B

Anak ke                   : 1 dari 3 bersudara

Hobby                     : Dengerin music, Ngumpul ma temen, Berenang, Nyanyi

Cita-cita                  : Seorang Guru

Nama Ayah              : Raden Machyusi

Nama Ibu                : Utin Syuhada

Prestasi                  :

– Juara 1 tartil qur’an se-kec.benua kayong 2004

– Juara 1parade band pelajar januari 2007

– The best Catwalk Hyper Jeans 12 Maret 2007

– Juara 3 model rias pengantin MABM se-kab.ketapang, Januari  2007

– Juara 2 model rias pengantin FABM di mempawah se-kalbar, Maret 2007

– Juara 1 Bintang Pelajar se-kab.ketapang 13 februari 2008

– Juara 3 Kebaya Kreasi se-ketapang September 2008

– Juara 3 Festival band café rafly 12 September 2008

– Juara 1 Ujang Ayu se- kab.ketapang 9 mei 2009

– Paskibraka Kab.Ketapang tahun 2006

– Masih 8 penghargaan lainnya

Pengalaman organisasi :

– OSIS

– Dewan Kerja Cabang Pramuka 2003 – 2008

– Sispala

– Dewan Ambalan Gugus Depan Pangkalan SMAN 02 Ketapang

– Palang Merah Remaja

– Purna Paskibraka Indonesia (PPI)

Bersambung …..

5 Responses

  1. ketapang bangga terhadap prestasi anda, saya ucapkan selamat untuk anda saya juga pernah mengikuti acara ini dan saya juga bangga mendapatkan runer up 2 juara 3 ujang ketapang 2009. tas nama utusan SMAN 01 SANDAI.

  2. slelamat buat anda ya…….? saya juga pernah ikut pemilihan ujang-ayu kab ketapang 2009 lo……….
    utusan dari SMAN O1 SANDAI. allhamdulillah………….waktu itu saya mendapatkan runer up dua ujang ketapang
    sebagai juara tiga ujang……and to shelis……good luck terus perjuangkan karirmu..ya………?

  3. Mantap-Mantap…….
    Lestarikan terus……

  4. seneng sekali mempunyai tmen yang sepert u..inget gak saat kita terlambat saat akan upacara pramuka wktu SMP Tsanawiyah..semoga u gak akan pernah melupakan temen2 u saat dlu..Amiin salam kami semua tmen2 Tsanesa ’05

  5. kebanggaan tersendiri bisa mengenal anda sebagai wanita yang terpilih sebagai ayu ketapang..
    lanjutkan dan tingkatkan prestasi tersebut,jangan sampai hal ini hanay berhenti kepada pemberian gelar kepada anda namun juga harus ada something yang bermanfaat paling tidak untuk diri sodari sendiri…saya juga orang ketapang.

Leave a Reply

