Pramuka Dukung Wisata Bahari Indonesia


Dalam rangka turut serta mensukseskan World Ocean Conference (WOC) dan juga Coral Trianggle Initiative (CTI), yang berlangsung di Manado, 11-15 Mei 2009. Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengadakan kegiatan bagi Anggota Gerakan Pramuka Penegak/Pandega (19-25 tahun) bertajuk Ekspedisi Kelautan Pramuka Indonesia (EKPI), Surabaya-Bitung, 5-8 Mei 2009.

EKPI 2009 yang berlangsung di KM. Doro Londa milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), diikuti oleh 550 Anggota Gerakan Pramuka yang mewakili Kwartir Daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, sebanyak 550 Pramuka.

Ekspedisi ini membawa misi agar generasi muda, khususnya Anggota Gerakan Pramuka yang tergabung dalam Saka Bahari di seluruh Indonesia, semakin mencintai laut. Hal itu diungkapkan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Azrul Azwar di sela-sela acara pembukaan WOC, Senin pagi (11/5). “Ini memang unik, berkali-kali World Ocean Conference dilaksanakan, baru kali ini ada sekelompok generasi muda, menggunakan seragam Pramuka ikut meramaikan. Mudah-mudahan ini merupakan langkah nyata untuk dilihat negara lain, bahwa betul-betul generasi muda kita diajak meningkatkan kecintaannya pada laut,”

Pada kesempatan yang sama, Kak Azrul juga mengajak peserta EKPI 2009 maupun seluruh Anggota Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia, yang memiliki keterampilan menyelam untuk mendaftarkan diri, bergabung mewakili Gerakan Pramuka untuk berpartisipasi pada Seal Bunaken pada 16-19 Agustus 2009.

Karena keterkaitan Pramuka dan kegiatan bahari sangat erat, termasuk dalam mendukung kegiatan promosi wisata bahari Indonesia, maka dengan bangga Gerakan Pramuka akan menyertakan 50 Pramuka terbaiknya. Hingga dapat berpartisipasi dalam pemecahan rekor menyelam, yang merupakan salah satu mata kegiatan di Seal Bunaken. “Pramuka akan mengirimkan delegasi, untuk memecahkan ikut rekor menyelam,”

Kegiatan semacam inilah yang diharapkan selalu berjalan harmonis, mengingat Departemen Pariwisata memerlukan dukungan dari berbagai pihak termasuk Pramuka, “Karena kita mulai dari yang sudah kita ketahui potensi dan kekuatannya, jadi targetnya juga mengarah pada Gerakan Pramuka, Osis dan mereka yang sudah terbiasa berorganisai, supaya mereka nantinya bisa berbicara pada teman-temannya, keluarganya,” ungkap Danang Rahardian, Tourism Product Development, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Sehingga dalam pengembangan produk wisata, kampanye cinta bahari bisa dilakukan bersama Saka Bahari. Sebab menurut Letnan Kolonel Laut (KH) Sudiro, selaku Kasie. Masyarakat, Dinas Potensi Marinir (Dispotmar) Mabes TNI AL yang juga Wakil Ketua EKPI, Gerakan Pramuka khususnya Anggota Saka Bahari memiliki peluang yang sangat besar di laut, “Adik-adik Pramuka menyadari bahwa potensi wisata bahari perlu dikembangkan, Kegiatan menyelam kalau kita aplikasikan ke depan, di saat negara memerlukan mereka, meraka kan bisa membantu Pasukan Katak (Pasukan Khusus TNI AL-red) atau dalam keadaan damai mereka yang memiliki keterampilan menyelam bisa masuk ke perusahaan minyak untuk pengelasan bawah laut, sekaligus memanfaatkan potensi untuk menumbuhkan rasa cinta bahari”

Kak Evi Martiningsih, S.Pd, Pinsaka-Jawa Timur yang juga memiliki pengalaman dalam kebaharian mengakui bahwa sering kali Pramuka Saka Bahari dilibatkan untuk melakukan bersih pantai baik dengan membersihkan sekitar pantai dari sampah, terutama plastik, termasuk membersihkan dasar laut dengan menyelam, sebuah keterampilan yang mungkin nanti sangat berguna menjadi profesinya, “Anggota Saka Bahari Jawa Timur yang memiliki keterampilan menyelam, sudah banyak yang menjadikan modal untuk profesi, sekarang ada yang bekerja di perusahaan asing dan pariwisata,”. (Humas Kwarnas/SD).

Nah setelah membaca artikel diatas, DKC Ketapang juga menyelenggarakan acara sejenis yang bekerja sama dengan dina Pariwisata Ketapang, yang bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan , serta mempromosikan pariwisata khususnya wisata bahari. Kegiatan nya bernama SCOUT EXPEDITION TO SAWI ISLAND. Tunggu kabar selanjutnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: