BOS untuk PRAMUKA


BANDUNG, KOMPAS.com — Di tengah ramainya masalah pengalihan dana BOS dari pemerintah pusat ke daerah, Wakil Gubernur Jawa Barat selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka membuat pernyataan yang mendukung adanya kebijakan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk pramuka. Ia juga mendukung upaya pemerintah yang akan memasukkan gerakan pramuka dalam kurikulum pelajaran.

“Saat ini masih ekstrakurikuler, tapi ke depannya mungkin bisa saja ada BOS pramuka dan pramuka masuk dalam kurikulum, namun itu bukan kebijakan kami,” kata Wagub Jabar, Dede Yusuf, di Bandung, Selasa (24/8/2010).

“Tapi kita mendorong supaya BOS pramuka itu bisa digunakan untuk gerakan pramuka atau menggunakan iuran dari dan untuk anggota sendiri,” katanya.

Dede menyatakan, anggaran untuk pramuka tahun 2011 akan ditambah hingga dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, pramuka mendapat alokasi Rp 3 miliar.

“Tahun depan akan ditambah mungkin dua kali lipat dari tahun sekarang,” katanya.

Menurut dia, kebijakan untuk menambah anggaran pramuka sudah sesuai dengan instruksi presiden saat memperingati Hari Pramuka beberapa waktu lalu. “Presiden sudah menginstruksikan untuk membantu sungguh-sungguh pramuka karena pramuka merupakan bagian organisasi yang dapat hibah dari pemerintah,” kata Dede.

Dia menambahkan, pihaknya juga mengimbau kabupaten/kota di Jabar untuk meningkatkan alokasi APBD masing-masing untuk pramuka sebagai wahana pendidikan dan pencerdasan generasi.

——-di kutip dari : http://edukasi.kompas.com/read/2010/08/24/12512734/Dana.BOS.Pramuka..Apa.Lagi.Ini-5———-

Leave a comment