Panja Pramuka komisi X DPR RI studi banding keluar negeri


Panja Pramuka DPR Studi Banding ke Jepang, Korsel & Afsel

Panitia Kerja (Panja) Pramuka Komisi X DPR akan melakukan studi banding ke Jepang, Korea Selatan dan Afrika Selatan. Mereka akan berangkat Selasa (14/9/2010).

“Panja dibagi dua. Ada yang ke Jepang dan Korea Selatan sedangkan satu lagi ke Afrika Selatan,” ujar Wakil Ketua Komisi X, Rully Chairul Azwar saat dihubungi detikcom, Minggu (12/9/2010).

Rully menjelaskan dirinya ikut ke Afrika Selatan. Sementara ketua Panja M Hakam Naja akan memimpin rombongan ke Jepang dan Korea.

“Di sana itu sampai hari Sabtu (18/9/2010), hari Minggu sampai di Jakarta,” terang politisi Golkar ini.

Rully menambahkan pemilihan negara itu dilihat dari perkembangan Kepramukaan di masing-masing negara. Menurutnya Jepang dan Korea dipilih mewakili negara yang Pramukanya maju. Sedangkan Afsel dipilih karena kegiatan Pramuka di negara itu tidak berkembang.

“Nanti kita akan mengunjungi komite yang mengurusi masalah kepemudaan di sana. Kita lihat juga beberapa kegiatan dan fasilitas pramuka di sana,” jelas Rully.

Rully berharap kegiatan studi banding ini membawa banyak masukan bagi Panja Pramuka untuk menyelesaikan undang-undang yang dijadwalkan selesai akhir Oktober ini. Tujuannya tentu untuk membuat organisasi pramuka bisa menyesuaikan diri dengan zaman.

“Jangan sampai isinya orang-orang tua semua,” tutupnya.

sementara dilain sisi Jusuf Kalla memberikan tanggapannya sebagai berikut ,

Panja Pramuka Komisi X DPR pergi melakukan studi banding ke Jepang, Korea Selatan dan Afrika Selatan. Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) menilai hal ini tidak perlu dilakukan.

“Zaman sekarang sudah canggih, tinggal buka internet, ada itu data semua tentang pramuka,” ujar JK usai acara nonton bareng film ‘Sang Pencerah’ di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (13/9/2010).

JK mengaku tidak melarang anggota DPR pergi studi banding ke luar negeri. Tetapi harus dilihat urgensinya. Jika memang penting silakan pergi, jika tidak gunakan saja internet.

“Kalau untuk ini tidak perlu. Pemborosan,” tegas JK.

sumber : http://forum.detik.com/showthread.php?t=208306?883306frm

http://www.detiknews.com/read/2010/09/13/225549/1439922/10/jk-panja-pramuka-cukup-buka-internet-tak-usah-ke-luar-negeri

Catatan penulis: Benar penting kah studi banding tersebut,yang pergi melakukan tugas tersebut apakah benar sudah memahami Gerakan Pramuka? hal tersebut dapat dilihat dari steatment nya di atas. Mudah-mudahan hasil dari studi banding tersebut dapat bermanfaat demi kemajuan Gerakan Pramuka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: