MUSPPANITERA KALBAR 2010


Musyawarah Penegak dan Pandega Puteri Putera Gerakan Pramuka Daerah Kalimantan Barat yang berlangsung pada tanggal 10-11 Nopember 2010 di Aula Kencana BKKBN Pontianak.Musppanitera 2010 dihadiri 13 Dewan Kerja Cabang se Kalbar terkecuali DKC Landak.Forum tertinggi Penegak dan Pandega tersebut dibuka oleh Plt KaKwarda kalbar kak Sadeli dan ditutup oleh Sekretaris Kwarda Kalbar Kak Suriyadi.
Musppanitera yang acara pokoknya memilih ketua dan wakil ketua masa bakti 2010-2015 ini berjalan sangat ketat dan demokratis.Tata tertib mengatur bahwa pendaftaran Bakal Calon Ketua DKD harus diusung minimal 4 perutusan Cabang, dan Kandidat calon ketua yang diusung oleh peserta Musppanitera yaitu Angga prihatin diusung oleh DKC Singkawang,DKC Kuburaya,DKC Sintang dan DKC Bengkayang. kemudian Kak Sugiarto di calonkan oleh DKC Kota Pontianak,DKC Melawi, DKC Sanggau dan DKC Sambas.
Presedium yang terdiri dari kak Riyan (DKD penyelenggara),kak Megawati(DKC Sekadau), kak Rico(DKC Singkawang), menetapkan dua bakal calon tersebut menjadi calon Ketua DKD Kalbar untuk dipilih oleh peserta. Setelah melalui proses pemungutan suara, yang terdiri dari 13 hak suara dari DKC se kalbar dan 1 DKD penyelenggara.Maka Kak Angga prihatin meraih 11 suara dan kak Sugiarto Kurniawan meraih 3 suara. Tentunya dengan hasil tersebut Presedium sidang langsung menetapkan kak Angga Prihatin menjadi Ketua Dewan Kerja Daerah terpilih masa bakti 2010-2015.
Kemudian, setelah pemilihan ketua dilaksanakan, dilanjutkan dengan pemilihan Wakil ketua.Pada sesion ini hanya 1 Bakal calon wakil Ketua DKD kalbar yang mencalonkan diri,yaitu Kak Kurniawati dengan DKC pengusung adalah Ketapang,Kayong Utara,Kapuas Hulu, dan Singkawang. Setelah penyampaian visi misi, maka peserta musyawarah bermufakat sejenak dan dengan demikian ditetapkanlah Wakil Ketua DKD Kalbar mendampingi Kak Angga yaitu Kak Kurniawati. Serentak setelah penetapan tersebut para peserta Musppanitera memberi selamat kepada yang terpilih.

Sidang Pleno kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Formatur sebanyak 7 orang, dengan metode keterwakilan region,berkomposisi ketua dan wakil terpilih, 1 orang DKD penyelenggara yang diwakili oleh Kak Sugiarto Kurniawan,dan 4 orang unsur DKC/peserta yaitu kak Dani Elhadi (Ketapang),kak Dedi Setiadi (Sambas),kak Rudi Costa (Kab.Pontianak),dan Ade Nasrudin (Sanggau). Team formatur bekerja paling lama 1 bulan setelah Muspanitera diselenggarakan,untuk memilih anggota DKD kalbar. Berdasar Tata tertib, perekrutan anggota DKD dilakukan melalui sistem seleksi dengan kandidat anggota rekomendasi yang dibuktikan dengan madat dari 14 cabang, yang masing-masing cabang mengutus 2 orang calon anggota,dengan demikian akan terjaring 28 calon anggota yang akan di seleksi dan ditetapkan menjadi anggota DKD Kalbar sebanyak 13 orang termasuk ketua dan wakil.
Hasil Musppanitera ini, akan dipaparkan pada Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat ke XIII pada tanggal 19-21 November 2010.

Dewan Kerja Cabang Ketapang mengucapkan selamat kepada kak Angga(nama panggilan  dan kak ikur(nama panggilan) sebagai Ketua dan wakil ketua Dewan Kerja daerah kalimantan barat masa bakti 2010 2015, semoga apa yang diamanatkan oleh Musppanitera dapat dijalankan dan  dapat membawa kemajuan Gerakan Pramuka khususnya Penegak dan Pandega. Kami juga Mengucapkan terima kasih yang setinggi-tinggi nya kepada kak Bambang dan seluruh anggota DKD masa bakti 2008-2010 penyempuran 2005-2010, darma bakti kakak-kakak akan selalu terpatri dan dikenang dalam memajukan Gerakan Pramuka.

(foto menyusul)
KALBAR terDEPAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: