MUSYAWARAH DAERAH VIII GERAKAN PRAMUKA KALIMANTAN BARAT


Sesuai judul diatas, forum tertinggi Gerakan Pramuka di Kalimantan Barat ini berjalan dengan sukses. Kegiatan yang  dihadiri 14  Kwartir Cabang di Kalbar itu dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2010 bertempat di Hotel Merpati Pontianak.

Musyawarah lima tahunan ini selain membuat program kerja kedepan, juga mempunyai acara pokok pemilihan Ketua Kwartir Daerah Kalimantan Barat masa bakti 2010-2015, yang akan mengemban dan menjalankan amanat Musyawarah Daerah tentunya untuk kemajuan Gerakan Pramuka. Kak Cornelis selaku Kamabida dan Gubernur Kalbar membuka secara resmi Musda VIII Kalbar, dalam pidatonya beliau mengatakan hendaknya Gerakan Pramuka tidak dibawah bayang-bayang politik dan kepentingan suatu golongan, karena Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan untuk mencetak kader-kader penerus bangsa yang sudah semestinya independen. Pada Musda tersebut hadir juga Ketua Kwartir Nasional Kak Azrul Azwar dan Waka Kwarnas Kak amoroso Katamsi.

Salah satu prosesi Musda Gerakan Pramuka Kalbar adalah tahapan penjaringan bakal calon Ketua yang dilakukan dua bulan sebelum penyelenggaraan musda tersebut. Dan sampai ditutup, tahapan penjaringan nama calon, yang mendaftar hanya terdapat satu orang yaitu Kak Suryadi. 1 minggu menjelang musda, beredar nama Kak Rahmat Satria yang merupakan Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Pontianak akan mencalon diri menjadi Ketua Kwarda Kalbar. Hal tersebut di pastikan dengan pernyataan beliau di media massa yang sudah mendapat dukungan 8 kwartir Cabang.

Namun pada saat pembahasan tata tertib Kak Rahmat Satria dimentalkan pasal tata cara pencalonan ketua yang memang harus terdaftar dua bulan sebelum Musda. Dengan demikian Kak H.Suryadi.S.Sos.M.Si terpilih secara aklamasi.

Pada kesempatan itu pula, ditetapkan Kwartir Cabang yang memperoleh predikat tergiat selama masa bakti Kwartir daerah 2005-2010 yaitu Kwarcab Ketapang, Kwarcab Sambas,dan Kwarcab Sekadau. “Kwarcab Kami memang mempunyai target untuk menjadi yang tergiat oleh sebab itu berbagai upaya dan usaha telah kami laksanakan dan akhirnya berbuah manis predikat tergiat tersebut dapat kami raih”.Kata Kak A.Yani selaku Waka Kwarcab Ketapang.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ketapang mengucapkan selamat kepada Ketua terpilih dan semoga dapat menjalankan apa yang diamanatkan pada Musyawarah daerah pada lima tahu kedepan 2010-2015.Dan kami mengcapkan terima kasih dan peghargaan yang setinggi-tinggi nya atas pegabdian Pegurus Kwarda masa bakti 2005-2010.

2 Responses

  1. sukses dan selamatatas terlaksananya musda kalbar kak🙂

  2. kami ucapkan selamat untuk ketua terpilih, dan semoga bisa membawa perubahan yang lebih baik..karena saya melihat, banyak sekolahan pedesaan yang lum ada extra kepramukaan…jd banyak anak didik kita yang lum tau apa itu pramuka…thanks atas infonya pak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: