Kwarcab


gedung kwarcab sekarang sedang direnovasi kembali untuk dilakukan pelebaran.

disini ada info tentang seluruh kegiatan kwacab ketapang

_________________________________________________________________________________________________

KALEMDIKANAS sebagai pemateri pada KOS di KETAPANG KALBAR

upacara pembukaan kursus

upacara pembukaan kursus

ketua Lembaga Pendidikan Kader Nasional (kalemdikanas) bersama dengan Kalemdikada dan didampingi juga Pelatih daerah serta Sekretaris Kwartir daerah kalimantan Barat, mereka di undang khusus oleh Kwarcab Ketapang untuk memberikan materi pada Kursus Orientasi singkat / KOS bagi Mabicab, Mabiran, Mabigus yang berpangkalan di SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA. KOS tersebut diselenggarakan selama 1 hari bertempat di aula kantor Pemkab Ketapang.

_______________________________________________________________________________________________________________

SOSIALISASI REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA KETAPANG

Rabu, 27 Februari 2008, di Pendopo Kabupaten Ketapang telah dilaksanakan
Kegiatan SOSIALISASI REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA Ketapang . Kegiatan ini Diikuti para Mabicab, Mabiran terdiri Muspika Mabigus atau Kepala SMA dan SMP
Ketua panitia kegiatan yang Ketua Harian Cabang Pramuka Kabupaten Ketapang dalam laporannya mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara maka Gerakan Pramuka Ketapang menyelenggarakan sosialisasi revitalisasi gerakan Pramuka seperti sekarang ini. bahwa Pramuka ini adalah Organisasi yang diharapkan bisa mengembalikan budi pekerti, etika yang selama ini telah terkikis.

Gerakan pramuka merupakan wadah bagi masyarakat terutama generasi muda untuk membekali dirinya dengan ilmu pengetahuan yang luas. Keberadaan pramuka merupakan persatuan tekad dan persamaan tujuan kepanduan di Indonesia. Gerakan Pramuka juga bisa sebagai sarana untuk belajar dalam berorganisasi. Misalnya dicontohkan oleh gerakan tepuk pramuka yang merupakan media untuk mengingatkan bahwa pramuka itu memiliki janji. Dimana Gerakan Pramuka memiliki 3 janji pramuka yang dikenal sebagai TRISATYA dan 10 pedoman untuk mewujudkan janji tersebut.

Bupati Ketapang H. Morkes Effendi, Spd .MH . dalam sambutannya yang dibacakan oleh Drs.Bachtiar mengatakan adanya sosialisasi diharapkan agar Gerakan Pramuka Kab. Ketapang kedepan dapat menemukan faktor-faktor yang menyebabkan kegiatan pramuka menjadi menyusut, serta diharapkan pula dapat menemukan formula-formula yang tepat agar kegiatan pramuka dapat berkembang dan diminati oleh banyak mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi.

Menurut Bupati, tujuan dari Revitalisasi Gerakan Pramuka adalah : (1) Gerakan Pramuka diminati oleh kaum muda, (2) Membentuk Watak dan mengembangkan kepribadian yang baik di kaum muda, (3) Menegaskan bahwa Gerakan Pramuka juga sebagai Bela Negara. Beliau juga menekankan bahwa satu-satunya kegiatan bela negara selain TNI dan POLRI di tingkat Nasional hanyalah Pramuka

Sementara itu H. Suriadi MS,Ssos, M.Si, Sekretaris kwartir daerah Kalbar dan andalan nasional. Dalam sosialisainya mengatakan bahwa Revitalisasi ini sangat penting karena Gerakan Pramuka akhir-akhir seakan-akan hidup segan, tetapi mati tidak mau. Dengan makin maraknya globalisasi Gerakan Pramuka menghadapi saingan dengan munculnya lembaga untuk remaja yang memamerkan rangsangan kehidupan yang nampak lebih indah dan berciri global. Wahana pengembangan anak muda seakan bisa diganti oleh lembaga-lembaga baru yang gebyarnya nampak sangat indah. Lembaga-lembaga ini menawarkan acara marak yang seakan membawa nilai baru yang modern dan mendunia. Sebaliknya, Gerakan Pramuka sebagai suatu wahana untuk membangun karakter bangsa. Oleh karena itu diperlukan revitalisasi yang menyeluruh sehingga pendidikan karakter anak bangsa melalui Gerakan Pramuka diminati kembali oleh sebanyak mungkin generasi muda dan remaja, tanpa pilih kasih, yaitu dengan menawarkan kesempatan membangun karakter unggul melalui pilihan yang demokratis dan penuh makna.
Seperti diketahui Gerakan Pramuka membangun karakter anak bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan budi pekerti dan pelatihan ketrampilan dalam regu-regu kecil yang dinamis. Secara bertahap ditanamkan nilai-nilai luhur bahwa setiap anggota mempunyai kesempatan, tanggung jawab dan kewajiban yang sama.
Dengan revitalisasi Pimpinan dan anggota Pramuka diundang lebih mengenal keadaan sekelilingnya dan belajar bersama untuk mengatasi masalah secara gotong royong. Disamping belajar di sekolah, anggota Pramuka di pedesaan, atau di tempat tinggalnya, diundang untuk rajin bertemu dengan saudara-saudaranya yang menderita agar mengetahui permasalahan yang dihadapi. Para anggota harus digembleng dan dilatih dengan fakta nyata dan dengan tekun menguasai diri sendiri untuk bisa memberikan yang terbaik kepada sesamanya. Pramuka sebagai lembaga non pemerintah yang memberikan dukungan yang sangat kuat terhadap proses pemberdayaan generasi muda sejak saat dini harus berani tampil beda dan dimuka. Pramuka harus tampil dan menempatkan diri sebagai wahana pengembangan sosok yang berjiwa satria yang siap membela keluarga, utamanya anak-anak muda kurang mampu, masyarakat yang tersisih, masyarakat yang menderita, tanpa pamrih dan tanpa mengharapkan imbalan.
Revitalisasi Gerakan Pramuka akan menjadikan remaja Indonesia kembali menjadi kekuatan bangkitnya Indonesia baru di masa depan. Kesempatan emas terbuka untuk anak muda dan remaja mengasah diri dengan bergaul dan berkumpul dalam suasana penuh kebersamaan dan kedamaian karena sama-sama menjadi anggota Pramuka yang berkarakter. Perbedaan yang ada dikembangkan menjadi perekat persatuan dan kekuatan bangsa yang indah karena daripadanya lahir demokrasi yang saling menghormati dan penuh pengertian.

_____________________________________________________________________________________________________________

Minggu, 14 September 2008 , 13:41:00
RAMADHAN 1429 H/2008 merupakan bulan penuh barkah dan pengampunan. Bulan baik ini saatnya untuk berbagi dengan masyarakat kurang mampu, serta mengikatkan silaturahmi.
Jika dua hari lalu jajaran PLN Ketapang melakukan buka puasa bersama, kemarin (13/9), giliran Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ketapang melakukan puasa bersama. Menurut Pitriyadi S.Hut, pengurus Gerakan Pramuka Ketapang buka puasa bersama, dengan tujuan meningkatkan silaturahmi sesama anggota dan masyarakat.
Buka puasa bersama di pendopo Bupati Ketapang, bersama Ny Suma Jenni Morkes Effendi SH, MH. Paling utama dalam kegiatan buka puasa bersama ini adalah hadirnya anak-anak panti asuhan dan pondok pesantren.(ndi)disuntuing dari ap-post
———————————————————————————————————————————————————————————————-

8 Responses

  1. Ass., Saya peserta KMD 2011. Tampilkan foto peserta KMD donk🙂

  2. hi peseta kpdk kalbar pkbrny

  3. dkc kapan lagi ada pertemuan, lama dah gk ktmu nih, oi ijar dah lupa mae ma kawan ninnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  4. Kwarcab Ketapang, 03-10 Januari 2009 kemaren juga menambah 2 orang Pelatih Pembina Pramuka setelah lulus KPD di Kwarcab Sambas.
    Ucapin selamatlah buat yang ikut……Pitriyadi, S.Hut and Lufti F. Hasan, SP.
    Hehehehehehe………..

  5. tenang zar,kita lagi persiapan.mudah2an PW daerah jadi diketapang.n bisa mendapat restu dari semua

  6. kwarcab ketapang kapan lagi mengadakan even dearah provinsi??

  7. kwarcab ketapang juga akan menyelenggarakan kursus orientasi untuk para mabigus,mabiran,dan mabicab direncanakan pada bulan november

  8. kwarcab ketapang akan mengirim peserta ke Jambore asean tanggal 18-10-2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: